Nissan Z Dari Masa Ke Masa
Halo Fansboy JDM Nissan Z!
Pasti kalian sudah tahu, kan, Nissan Z? Yang udah nonton Wangan Midnight pasti tahu dong! Yak, mobil yang digunakan Akio Asakura ini merupakan mobil legendaris Nissan, bersama dengan Skyline, Silvia, dll. Dan sekarang, mobil ini sudah mencapai generasi Ketujuh! mobil ini dirancang untuk bersaing dengan Toyota Celica, Toyota Supra, Mitsubishi 3000GT (nama asli GTO), & Mazda RX-7!
Penasaran, bagaimana perjalanan Nissan 240Z sampai 400Z? Berikut, Kisahnya!
Generasi Pertama: S30 (240Z, 260Z, 280Z)
Mobil ini ditenagai oleh 2.0L SOHC L20 Straight 6 (I6) bertenaga 128HP untuk model 1970 & 123HP untuk model tahun 1973, Penggerak Roda Belakang (RWD), transmisi manual 4 atau 5 percepatan atau 3 percepatan otomatis (Automatic), & Dijual di Nissan Bluebird Stores (Bukan Taxi Bluebird :V). Untuk 240Z ditenagai dengan Mesin yang lebih besar, yaitu 2.4L L24 yang menghasilkan 148HP di 5600 RPM, tapi sayangnya 240Z sempat dihentikan karena krisis minyak 1973, dimana Arab melakukan embargo minyak secara besar besaran kepada Amerika Serikat karena mendukung Israel.
Kembali ke konteks, Nissan 280Z akhirnya diperkenalkan di tahun 1978, bulan Agustus. Model expor akhirnya mendapatkan versi 260Z dengan mesin 2.6L. Ini tersedia dengan bodi 2+2 Coupe, & wheelbase yang lebih panjang. Akhirnya diperkenalkanlah versi mewah Nissan Fairlady Z-T. Ada versi yang di khususkan oleh pasar Jepang saja bernama Nissan 240ZG untuk Homologasi balapan Group 4, dilengkapi dengan hidung "Aero-Dyna" yang diperpanjang, terbuat dari fiberglass fender flare (over fender) yang lebih lebar, sayap belakang, lampu depan yang dibuat oleh kaca akrilik, & spion yang diletakkan di fender depan. Karena aerodinamika yang diperbaiki menjadi lebih baik, itu mendukungnya mencapai kecepatan tertinggi 210 KM/H. G di ZG berarti "Grande". Meski tidak pernah dijual di Amerika & tidak pernah dijual di Jepang, agar memenuhi syarat untuk bersaing di AS, Nissan menjual nose kit sebagai opsi dealer yang dikenal sebagai "G-Nose". Dengan tambahan hidung ini, 240Z ini sering dikenal sebagai 240ZG di luar Jepang. Lalu, Nissan membuat sesuatu yang lebih gila lagi. Mereka memasukkan mesin Nissan S20 bertenaga 158HP dari Nissan Skyline GT-R dengan 4 katup per silinder, 3 karburator Mikuni, & 2 camshaft. Hanya 420 mobil Nissan Z432 dibangun. Beberapa di antaranya dipakai oleh kepolisian Jepang (lumayan buat nangkep koruptor :V). Nissan enggak kapok juga. Mereka membuat yang lebih kuat lagi. Nissan Z432R!, Iya, mereka membuat mobil itu dengan memasukkan mesin S20 dari Hakosuka, dirilis hanya untuk pasar Jepang, dibuat untuk homologasi mobil reli! Bayangin aja, Nissan Z generasi pertama yang awalnya mobil sport yang lemah, kini menjadi monster yang siap memakan musuhnya di trek!
Penasaran, bagaimana perjalanan Nissan 240Z sampai 400Z? Berikut, Kisahnya!
Generasi Pertama: S30 (240Z, 260Z, 280Z)
Mobil ini ditenagai oleh 2.0L SOHC L20 Straight 6 (I6) bertenaga 128HP untuk model 1970 & 123HP untuk model tahun 1973, Penggerak Roda Belakang (RWD), transmisi manual 4 atau 5 percepatan atau 3 percepatan otomatis (Automatic), & Dijual di Nissan Bluebird Stores (Bukan Taxi Bluebird :V). Untuk 240Z ditenagai dengan Mesin yang lebih besar, yaitu 2.4L L24 yang menghasilkan 148HP di 5600 RPM, tapi sayangnya 240Z sempat dihentikan karena krisis minyak 1973, dimana Arab melakukan embargo minyak secara besar besaran kepada Amerika Serikat karena mendukung Israel.
Kembali ke konteks, Nissan 280Z akhirnya diperkenalkan di tahun 1978, bulan Agustus. Model expor akhirnya mendapatkan versi 260Z dengan mesin 2.6L. Ini tersedia dengan bodi 2+2 Coupe, & wheelbase yang lebih panjang. Akhirnya diperkenalkanlah versi mewah Nissan Fairlady Z-T. Ada versi yang di khususkan oleh pasar Jepang saja bernama Nissan 240ZG untuk Homologasi balapan Group 4, dilengkapi dengan hidung "Aero-Dyna" yang diperpanjang, terbuat dari fiberglass fender flare (over fender) yang lebih lebar, sayap belakang, lampu depan yang dibuat oleh kaca akrilik, & spion yang diletakkan di fender depan. Karena aerodinamika yang diperbaiki menjadi lebih baik, itu mendukungnya mencapai kecepatan tertinggi 210 KM/H. G di ZG berarti "Grande". Meski tidak pernah dijual di Amerika & tidak pernah dijual di Jepang, agar memenuhi syarat untuk bersaing di AS, Nissan menjual nose kit sebagai opsi dealer yang dikenal sebagai "G-Nose". Dengan tambahan hidung ini, 240Z ini sering dikenal sebagai 240ZG di luar Jepang. Lalu, Nissan membuat sesuatu yang lebih gila lagi. Mereka memasukkan mesin Nissan S20 bertenaga 158HP dari Nissan Skyline GT-R dengan 4 katup per silinder, 3 karburator Mikuni, & 2 camshaft. Hanya 420 mobil Nissan Z432 dibangun. Beberapa di antaranya dipakai oleh kepolisian Jepang (lumayan buat nangkep koruptor :V). Nissan enggak kapok juga. Mereka membuat yang lebih kuat lagi. Nissan Z432R!, Iya, mereka membuat mobil itu dengan memasukkan mesin S20 dari Hakosuka, dirilis hanya untuk pasar Jepang, dibuat untuk homologasi mobil reli! Bayangin aja, Nissan Z generasi pertama yang awalnya mobil sport yang lemah, kini menjadi monster yang siap memakan musuhnya di trek!
Berikut foto mobil Safari Rally Nissan 240Z
Mobil balap Nissan 240Z milik Bob Shark Racing
Mobil balap Nissan 240Z milik Bob Shark Racing
Generasi Kedua: S130 (280ZX)
Merupakan versi generasi kedua yang lebih merujuk kepada Grand Tourer mewah, suspensi lembut (seperti layaknya mobil mewah biasanya), insulasi suara lebih baik (kan lumayan gibahan tetangga gak masuk mobil :V), kursi yang lebih empuk (kayak sofanya Sisca Kohl :V), & kelengkapan yang lebih banyak, seperti audio kelas atas (pasti makin enak nih kalo dengerin musik atau radio pake ini :V). Tapi, siapa bilang mobil ini noob, nyatanya, ada versi Turbo, lho! Akselerasi 0-100 cuman 7,4 detik, kecepatan tertinggi 210 KM/H (anjay sama kayak versi sebelumnya, S30 :V), dan transmisi otomatis 3 kecepatan (pinjem transmisi dari S30 :V), dan akhirnya, transmisi manual 5 kecepatan buatan Borg-Warner tersedia untuk model Turbo. (semua model Turbo hanya tersedia di pasar AS)
Mobil balap IMSA GTO Nissan 280ZX Turbo dikendarai oleh Don Devendorf & Tony Adamowicz:
Generasi ketiga: Z31 (300ZX)
Generasi ketiga: Z31 (300ZX)
Nissan Z Series pertama dengan mesin V6, dan versi I6 hanya tersedia di Jepang, dengan nama 200ZR. Mesin 200ZR adalah RB20DET. Untuk versi V6 Ada 2.0L Turbocharged VG20ET V6, 3.0L VG30E NA (Naturally Aspirated) V6, 3.0L Turbocharged VG30ET, & VG30DE NA V6. Dilengkapi transmisi Manual 5 percepatan atau Otomatis 4 kecepatan, mobil ini merupakan JDM legend pertama dengan mesin V6, & RWD. Lampunya terlihat seperti mobil yang selalu terlihat tenang. Bahkan, mobil ini pernah digunakan oleh Paul Newman untuk memenangkan Trans Am untuk Bob Shark Racing, lho!
Ini fotonya:
Generasi Keempat: Z32 (300ZX)
Lampu depan yang terlihat seperti mobil yang 'pemalas' (kayak Lamborghini, pinjem lampu ini buat Lamborghini Murcielago Facelift. Gini amat desainer yang males bikin lampu baru :V), mobil ini merupakan generasi kelima Nissan Z Series (versi facelift) ditenagai dengan mesin 3.0L VG30 NA V6 atau VG30DETT Twin Turbo V6, tersedia dalam transmisi Manual 5 percepatan atau Otomatis 4 percepatan, bodi 2+2 Coupe, 2+0 Coupe, & Convertible. Ternyata, Nissan berharap banyak pada mobil ini. Ada Version S, Version R, & Slicktop Twin Turbo (Slicktop Twin Turbo hanya tersedia dalam Version S). Version R sendiri merupakan varian tertinggi karena tersedia dalam mesin NA atau Twin Turbo. Clayton Cunningham Racing pernah menggunakan mobil ini juga, lho, bahkan dengan mobil ini, mereka memenangkan Daytona 24 Hour, lho!
Ini fotonya:
Nissan 240Z Concept (1999)
Sempat mengalami hiatus (kekosongan) di AS karena Nissan lebih fokus kepada SUV & juga mengalami masalah keuangan di tahun 1997 sampai 2002. Untuk menjaga minat mobil Z tetap hidup, Nissan meluncurkan program restorasi pada tahun 1998 di mana mereka membeli 240Z asli, memulihkannya secara profesional, dan menjualnya kembali di dealer dengan harga sekitar $24.000. Lalu pada akhirnya, lahirlah Nissan 240Z Concept, dengan mesin 2,4 L KA24DE 4 Silinder dari Nissan 240SX dengan tenaga 200HP. Namun karena dirasa tidak cocok, akhirnya lahirlah 350Z yang dianggap sebagai penerus yang layak
Generasi kelima: 350Z (Z33)
Merupakan generasi kelima dari Nissan Z Series, merupakan Nissan Z Series pertama yang hanya tersedia dalam mesin NA, dengan pilihan mesin VQ35DE NA V6 dengan tenaga 300HP & VQ35HR dengan tenaga 306HP, transmisi 6 percepatan Manual atau 5 percepatan Otomatis, pilihan bodi Coupe atau Roadster, & 5 varian, yaitu Base, Enthusiast, Performance, Touring, & Track. Untuk edisi spesialnya ada Fairlady Z Type E, 350Z 35th Anniversary Edition, 350Z GT-S Concept, 2008 Tokyo Auto Salon Concept, & beberapa NISMO seperti R Tune, S Tune GT, NISMO 350Z, Type 380RS, & 380RS Competition. Polisi Jepang pernah menggunakan NISMO 350Z (jambret cepet ketangkepnya :V)
Versi mobil balap:
Generasi keenam: 370Z (Z34)
Merupakan generasi keenam dari Nissan Z Series, diperkenalkan dengan mesin VQ37VHR NA V6 bertenaga 323HP-350HP yang merupakan generasi terakhir dari Nissan Z Series dengan mesin NA V6 dengan transmisi 6 percepatan Manual atau 7 percepatan Otomatis dengan paddle shifter di stir mobil. Memiliki varian, yaitu
1. Fairlady Z Coupe
2. 370Z Coupe
3. 370Z Roadster
4. NISMO 370Z
5. Fairlady Z Roadster
6. Fairlady Z 40th Anniversary
7. 370Z Yellow,
Ini fotonya:
Generasi Keempat: Z32 (300ZX)
Lampu depan yang terlihat seperti mobil yang 'pemalas' (kayak Lamborghini, pinjem lampu ini buat Lamborghini Murcielago Facelift. Gini amat desainer yang males bikin lampu baru :V), mobil ini merupakan generasi kelima Nissan Z Series (versi facelift) ditenagai dengan mesin 3.0L VG30 NA V6 atau VG30DETT Twin Turbo V6, tersedia dalam transmisi Manual 5 percepatan atau Otomatis 4 percepatan, bodi 2+2 Coupe, 2+0 Coupe, & Convertible. Ternyata, Nissan berharap banyak pada mobil ini. Ada Version S, Version R, & Slicktop Twin Turbo (Slicktop Twin Turbo hanya tersedia dalam Version S). Version R sendiri merupakan varian tertinggi karena tersedia dalam mesin NA atau Twin Turbo. Clayton Cunningham Racing pernah menggunakan mobil ini juga, lho, bahkan dengan mobil ini, mereka memenangkan Daytona 24 Hour, lho!
Ini fotonya:
Nissan 240Z Concept (1999)
Sempat mengalami hiatus (kekosongan) di AS karena Nissan lebih fokus kepada SUV & juga mengalami masalah keuangan di tahun 1997 sampai 2002. Untuk menjaga minat mobil Z tetap hidup, Nissan meluncurkan program restorasi pada tahun 1998 di mana mereka membeli 240Z asli, memulihkannya secara profesional, dan menjualnya kembali di dealer dengan harga sekitar $24.000. Lalu pada akhirnya, lahirlah Nissan 240Z Concept, dengan mesin 2,4 L KA24DE 4 Silinder dari Nissan 240SX dengan tenaga 200HP. Namun karena dirasa tidak cocok, akhirnya lahirlah 350Z yang dianggap sebagai penerus yang layak
Generasi kelima: 350Z (Z33)
Merupakan generasi kelima dari Nissan Z Series, merupakan Nissan Z Series pertama yang hanya tersedia dalam mesin NA, dengan pilihan mesin VQ35DE NA V6 dengan tenaga 300HP & VQ35HR dengan tenaga 306HP, transmisi 6 percepatan Manual atau 5 percepatan Otomatis, pilihan bodi Coupe atau Roadster, & 5 varian, yaitu Base, Enthusiast, Performance, Touring, & Track. Untuk edisi spesialnya ada Fairlady Z Type E, 350Z 35th Anniversary Edition, 350Z GT-S Concept, 2008 Tokyo Auto Salon Concept, & beberapa NISMO seperti R Tune, S Tune GT, NISMO 350Z, Type 380RS, & 380RS Competition. Polisi Jepang pernah menggunakan NISMO 350Z (jambret cepet ketangkepnya :V)
Versi mobil balap:
Generasi keenam: 370Z (Z34)
Merupakan generasi keenam dari Nissan Z Series, diperkenalkan dengan mesin VQ37VHR NA V6 bertenaga 323HP-350HP yang merupakan generasi terakhir dari Nissan Z Series dengan mesin NA V6 dengan transmisi 6 percepatan Manual atau 7 percepatan Otomatis dengan paddle shifter di stir mobil. Memiliki varian, yaitu
1. Fairlady Z Coupe
2. 370Z Coupe
3. 370Z Roadster
4. NISMO 370Z
5. Fairlady Z Roadster
6. Fairlady Z 40th Anniversary
7. 370Z Yellow,
8. 370Z Nürburgring Edition
9. 370Z 40th Anniversary Edition
10. 370Z Black Editon
11. BRE 370Z
12. Fairlady Z Version NISMO
13. 370Z GT
14. Base
15. Sport
16. Sport Touring
17. NISMO
18. Fairlady Z Version S
19. Fairlady Z Version T
20. Fairlady Z Version ST
21. Fairlady Z NISMO Z-Challenge Spec
22. Fairlady Z NISMO
23. 370Z NISMO
Total: 23
Versi mobil balap:
Generasi ketujuh: 400Z (Z35)
Merupakan generasi ketujuh dari Nissan Z Series, dilengkapi dengan 3.0L VR30DDTT (yah, sekarang kodenya didasarkan bukan dari cc mesin tapi tenaga :V) Twin Turbo V6, transmisi Manual 6 percepatan atau 9 percepatan Otomatis, bertenaga 400HP, memiliki varian Base, & Sport. Dikabarkan baru tersedia mulai tahun 2022
11. BRE 370Z
12. Fairlady Z Version NISMO
13. 370Z GT
14. Base
15. Sport
16. Sport Touring
17. NISMO
18. Fairlady Z Version S
19. Fairlady Z Version T
20. Fairlady Z Version ST
21. Fairlady Z NISMO Z-Challenge Spec
22. Fairlady Z NISMO
23. 370Z NISMO
Total: 23
Versi mobil balap:
Generasi ketujuh: 400Z (Z35)
Merupakan generasi ketujuh dari Nissan Z Series, dilengkapi dengan 3.0L VR30DDTT (yah, sekarang kodenya didasarkan bukan dari cc mesin tapi tenaga :V) Twin Turbo V6, transmisi Manual 6 percepatan atau 9 percepatan Otomatis, bertenaga 400HP, memiliki varian Base, & Sport. Dikabarkan baru tersedia mulai tahun 2022
Demikian penjelasan kali ini tentang Evolusi Nissan Z Series, terima kasih kepada para pembaca yang sudah membaca ini sampai selesai
Sekian Terima kasih, Semoga Para pembaca tetap sehat walafiat, jaga kesehatan kalian, &
jangan lupa terapkan 3M
tetap di rumah, jaga jarak, & Terapkan prokes
Sampai jumpa lagi di Blog Selanjutnya
Satrio Agung Rizqi Nur Fikri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar